Posted by: eureka | June 5, 2008

Barang-barang yang Perlu Disiapkan Saat Traveling

1.      Buku notes kecil untuk mencatat hal-hal penting seperti nomor telepon, alamat ataupun pengeluaran sehari-hari.

2.      Pulpen cadangan

3.      Satu atau dua set (lagi) pakaian cadangan

4.      Kamera, batere serta memory card

 

Jika Anda menggunakan kamera dengan roll-film, sebaiknya belilah batere dan roll-film di Indonesia karena harga barang-barang tersebut di Indonesia termasuk yang paling murah di dunia.

 

Jika kamera yang anda pakai adalah kamera digital, jangan lupa membawa batere cadangan berikut charger-nya, plus beberapa memory-card yang berkapasitas tinggi.

 

1.      Multipurpose International Adapter, terutama yang memiliki berbagai bentuk stop kontak dalam satu kemasan yang bisa dipergunakan di berbagai negara dengan sistem stop kontak yang berbeda.

2.      Jam tangan (yang memiliki alarm, berfungsi juga untuk membangunkan Anda dari tidur)

3.      Topi

4.      Jaket (yang tahan air, biasanya terbuat dari bahan parasut)

5.      Botol minum plastik

6.      Kotak PPPK kecil lengkap dengan isinya beserta obat-obatan pribadi

7.      Lampu senter

8.      Sepatu dan/atau sandal gunung

9.      Pisau lipat serbaguna (biasanya bermerek Victorinox karena memiliki berbagai fungsi).

Harap diingat bahwa untuk alasan keamanan, maka peraturan penerbangan saat ini tidak mengizinkan Anda membawa benda tajam ke dalam kabin penumpang. Jadi pastikan pisau lipat Anda tersimpan di dalam tas yang diletakkan pada bagasi sebelum Anda naik ke pesawat terbang.

1.      Beberapa sachet deterjen untuk mencuci pakaian

2.      Buku kamus bahasa asing sederhana

3.      Beberapa kantong plastik untuk memisahkan pakaian kotor dengan pakaian bersih

4.      Gembok kecil (beserta kunci pembukanya) untuk mengunci tas selama perjalanan, atau untuk mengunci loker Anda saat menginap di hostel demi memperkecil resiko dibongkarnya isi tas Anda oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Catatan penting: Belakangan ini, karena alasan keamanan, penumpang pesawat antar benua tidak lagi diizinkan membawa produk berupa cairan ke dalam kabin pesawat. Untuk itu, jika Anda berencana membawa produk yang termasuk dalam kategori cairan (parfum, cairan pencuci soft lense, obat batuk cair, dan lain-lain), pastikan Anda meletakkannya di tas yang Anda letakkan di bagasi pesawat.


That’s all you need if you want to travel light.  Jika Anda telah mempersiapkan barang yang Anda perlukan, segera buatlah tanda pada ‘Daftar Perlengkapan’ yang Anda buat.


Bicara mengenai ‘traveling light’, saya jadi teringat pada satu peristiwa menggelikan sekaligus memalukan yang saya alami saat melakukan perjalanan keliling Prancis dan Italia selama hampir dua bulan beberapa tahun lalu. Kebiasaaan saya membawa barang bawaan seminimal mungkin dalam sebuah tas ransel kecil, ternyata mengundang rasa ingin tahu dari beberapa petugas yang berjaga di perbatasan Italia – Prancis. Ketika mereka memeriksa isi tas saya, dengan pandangan penuh rasa penasaran salah satu dari petugas tersebut bertanya, “You travel for two months and that’s all you have? Are you a nudist?”  Seketika wajah saya jadi merah padam.


(Catatan: Kaum nudist adalah sekelompok masyarakat yang suka bertelanjang bulat saat melakukan aktifitas keseharian mereka).


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: