Posted by: eureka | May 17, 2008

Kalau Travel Keluar Kota

Untuk bisnis keluar kota, tidak perlu membawa setengah baju yang ada di lemari Anda. Biasanya kantor Anda akan memberikan guidelines acara agar Anda bisa menyesuaikan jenis baju yang diperlukan. Misalnya trip ini merupakan acara outing, maka bawalah baju-baju santai. Jika acara berupa conference, bawalah baju-baju yang lebih formal. Pada umumnya, siapkanlah 2 set baju untuk 1 hari.

 

Baju Ekstra

“Sedia payung, sebelum hujan”. Bawalah baju ekstra, just in case ada undangan makan malam bersama klien ataupun kerabat. Memang hal ini lebih mudah untuk para pria, hanya dengan membawa kemeja ekstra. Sedangkan wanita harus membekali diri dengan baju rapih serta sepatu yang sesuai.

 

Siapkan Baju hangat

Jangan lupa, walaupun suhu udara di luar panas, ruang meeting pada umumnya berAC, jadi bawalah jas tipis atau baju hangat. Kalaupun setelah itu ada acara outdoor, Anda tinggal menanggalkannya.

 

Urusan Sepatu

Urusan sepatu memang paling merepotkan, terutama untuk wanita, karena paling memakan tempat di dalam tas atau koper. Cobalah mengatur baju Anda seputar 3 pasang sepatu; sepatu rapih, sepatu santai dan sepatu olah raga.

 

Baju Olahraga

Terkadang ada aktifitas-aktifitas team building yang dilakukan outdoor, seperti bermain bola, tarik-tambang, sampai ke olah raga air. Jadi jangan lupa membawa baju renang yang sesuai, celana pendek, vitamin, obat anti nyamuk dan juga obat anti mabuk. Perlu diingat, keperluan baju renang harus yang sesuai dengan keadaan atmosfir kantor, apapun posisi Anda dalam organisasi. Walaupun kerabat kantor akan senang melihat perubahan “seragam” Anda, ingatlah ini masih dalam kapasitas kerja, jadi pakailah baju olah raga air yang konservatif.

 

Bawa Laptop?

“Perlu bawa laptop enggak, nih? Kan berat-beratin saja.” Ini sebenamya tergantung dari keperluan Anda sendiri. Bila Anda tidak harus melakukan presentasi dan di hotel tempat Anda akan menginap menyediakan sarana business center, lebih baik laptop ditinggalkan saja di rumah. Namun, jika Anda akan menghabiskan waktu lama di perjalanan, tak ada salahnya membawa laptop untuk mengerjakan perkerjaan Anda. Jadi saat kembali ke kantor, “PR”-nya sudah selesai dan siap menerima proyek-proyek lain dari atasan. (ndi)


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: