Posted by: eureka | May 15, 2008

Penerbitan Bagi Warga Asing di Filipina

Terdapat sangat sedikit suratkabar dan majalah di Philipina yang disediakan bagi para penduduk warga asing dan wisatawan. Yang paling terkenal adalah Expat, merupakan tabloid mingguan yang didistribusikan secara gratis setiap hari Sabtu. Ditujukan bagi warga asing di Manila, dengan fokus pada kejadian-kejadian di Makati, dan dapat diperoleh di lebih dari 200 hotel-hotel, restoran, kantor-kantor penerbangan, rumah-rumah apartemen dan kedutaan.

 

Expat memiliki liputan yang lebih luas mengenai urusan birokrasi yang berkenaan dengan warga asing, seperti pergantian kebijakan pada Komisi Imigrasi, meskipun jika dibandingkan dengan sejumlah besar suratkabar harian lainnya. Expat juga menyediakan Jaringan Timur Jauh Amerika (FEN) maupun jadwal acara program televisi.

 

Expat merupakan saudara penerbitan dari What’s On di Manila dan What’s On di Cebu. Dulunya merupakan majalah berwarna yang terbit dua kali sebulan dan ditujukan bagi para wisatawan, didistribusikan di beberapa hotel-hotel kelas pertama di Manila demikian juga untuk penerbangan di beberapa airlines. Expat berisi informasi-informasi mengenai tempat-tempat untuk dikunjungi dan dilihat secara akurat hingga menit jadwal penerbangan baik domestik maupun internasional. Pada cerita sampul yang penuh warna memberikan informasi mengenai tujuan-tujuan wisata yang sesuai di Manila.

 

What’s On di Cebu pada dasarnya berisi informasi wisata yang sama bagi kota terbesar kedua di Philipina dan sekitar daerah wisata lainnya, tetapi dalam format tabloid suratkabar.

 

Disana juga terdapat suratkabar mingguan Jerman, yaitu Deutsche Wochenzeitung fuer Asien. Terbit setiap Selasa, dijual seharga 8 peso. Suratkabar ini sebagian besar berisi kliping dari suratkabar-suratkabar Jerman dengan hanya memindahkannya saja dan mereproduksinya kembali. Berita-beritanya tidak diambil dari laporan-laporan suratkabar Jerman tetapi para penerbit kelihatannya lebih memilih untuk mengambil berita yang berasal dari suratkabar-suratkabar Jerman bagian selatan. Adakalanya materi dari suratkabar tabloid Jerman juga digunakan.

 

Secara mengejutkan sejumlah besar majalah-majalah Jerman ternyata tersedia di Metro Manila. Majalah-majalah tersebut didistribusikan oleh sebuah perusahaan yang bernama Phil-German Magazine Distributor, ruang 19 A, lantai ke-2, Midland Plaza, Adriatico St, Tel 57-30-11 loc 208. Selain itu tersedia juga majalah-majalah : Der Spiegel, Stern, Quick, Bunte, Neue Revue, Capital, Manager Magazin, Brigitte, Burda Moden, Neue Mode, Maenner Vogue, Playboy, Geo, Auto Motor Sport, Kicker, Die Zeit, Welt am Sonntag, Bild am Sonntag.

 

Majalah-majalah Jerman tersedia di pub-pub Jerman yaitu Old Heidelberg, Edelweiss, Muenchen Grill Pub, Fischfang, Lili Marleen, Jodi’s Place dan pada kios-kios majalah dan suratkabar yang terdapat di hotel-hotel berikut : Peninsula, Holiday Inn, Midtown, Manila Hotel, Philippine Plaza, Hyatt, Sheraton, Intercontinental, Manila Garden, Mandarin, Sundowner, dan dibandara domestik maupun internasional.

 

Sejumlah kios-kios majalah dan suratkabar yang terdapat di hotel-hotel menjual majalah-majalah yang disebutkan diatas dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tempat-tempat lain yang disebutkan diatas. Phil-German Magazine Distributors juga mengantarkan majalah-majalah dan suratkabar ke kediaman-kediaman dan kamar-kamar hotel; pemesanan cukup melalui nomor telepon di atas.

 

 


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: