Posted by: eureka | May 6, 2008

Prosedur Lapor Diri Bagi Warga Negara Indonesia di Myanmar dan Nepal

Demi kepentingan anda sendiri, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri (akan tinggal lebih dari 5 hari) di wilayah Uni Myanmar dan Kerajaan Nepal baik itu untuk tujuan belajar, kuliah, wisata/jalan-jalan/singgah sementara, bekerja, dan yang akan menetap untuk selamanya diharapkan memiliki kesadaran untuk melaporkan dirinya ke Fungsi Protokol Konsuler KBRI Yangon.

 

Tentunya sangat diharapkan agar setiap WNI yang berada di luar negeri menjaga dirinya masing-masing dan senantiasa dijauhi dari kesulitan dan berbagai hambatan. Namun, apabila seburuk-buruknya terjadi sesuatu yang tidak diharapkan pada diri seorang WNI, maka tentunya akan jauh lebih mudah bagi Perwakilan RI setempat untuk membantunya jika WNI tersebut sudah mendaftarkan/melaporkan data dirinya di Perwakilan RI.

 

Berdasarkan pengalaman dan kejadian-kejadian selama ini, setiap WNI cenderung meremehkan dan tidak memperhatikan manfaat melaporkan diri. Baru kemudian setelah ada masalah atau tertimpa musibah, cepat-cepat menghubungi KBRI Yangon untuk meminta bantuan. Dalam hal ini, sangatlah sulit bagi KBRI Yangon untuk membantu karena tidak ada data diri WNI tersebut (termasuk penggantian paspor yang hilang) dan yang sangat disayangkan lagi adalah kejadian seperti ini selalu disalah artikan seolah-olah KBRI Yangon tidak mau membantu warganya.

 

Proses dan prosedur untuk lapor diri sangat mudah dan tidak dipungut bayaran apapun yakni dengan melakukan prosedur sebagai berikut :

 

Datang langsung ke Fungsi Protokol Konsuler KBRI Yangon dengan membawa Paspor dan 1 lembar pas foto ukuran sesuai di Paspor.

 

Mengisi Formulir Lapor Diri dan ditanda-tangani.

 

Setelah semua formulir diisi lengkap dengan data diri, Paspor diserahkan kepada petugas yang akan membubuhkan cap lapor diri dan alamat lengkap didalam Paspor milik yang bersangkutan.

 

Selesai.

 

CATATAN : Setiap penggantian alamat rumah, harap menghubungi Fungsi Protokol Konsuler sehingga data yang bersangkutan, baik didalam paspor maupun di KBRI, dapat diperbaiki seperlunya.

Sumber: KBRI Yangon


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: