Posted by: eureka | April 7, 2008

Packing Efisien

Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan selama 14 hari, maka bawalah perlengkapan untuk kebutuhan selama 14 hari saja. Jangan sampai orang mengira bahwa Anda ingin pindah rumah lantaran saking banyaknya barang yang Anda bawa. Pada kenyataannya, seringkali orang membawa lebih dari satu tas koper ukuran besar untuk berlibur selama beberapa hari saja. Dengan sejumlah besar barang yang Anda bawa, hal ini akan sangat membatasi ruang gerak Anda sendiri.

 

Dalam setiap kesempatan Anda akan selalu direpotkan untuk mengurusi barang bawaan Anda tersebut sambil senantiasa dihantui pikiran ¡¥apakah masih ada barang yang tertinggal atau tidak. Pada akhirnya, Anda jadi lupa alasan mengapa Anda melakukan perjalanan ini. Disamping itu, dengan sekian banyak barang yang Anda bawa, Anda bisa menjadi sasaran empuk para penjahat.

 

Saat memasukkan barang ke dalam tas Anda, bawalah hanya benda-benda yang paling esensial seperti:

 

1. Tas ransel/tas punggung berukuran kecil dan bermodel simpel.

2. Money belt. Sebuah dompet yang terbuat dari kain yang bisa Anda lilitkan  pada pinggang dan menutupinya dengan celana atau pakaian yang Anda kenakan. Karena bentuknya yang tipis dan memanjang, maka money belt ini tidak akan terlihat dari luar saat dikenakan di balik pakaian Anda. Untuk membeli money belt, Anda bisa mencarinya pada toko penjual tas koper untuk keperluan traveling. Kegunaan dari money belt adalah sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang berharga Anda dari incaran penjahat. Benda-benda berharga seperti paspor, tiket, kartu kredit/kartu ATM, polis asuransi perjalanan, uang atau travelers cheques, bisa Anda simpan di sini.

 

Saran penting: Agar tidak perlu mengeluarkan dokumen-dokumen asli setiap kali diperlukan seperti saat mengisi formulir imigrasi yang selalu membutuhkan data-data dari paspor maka tidak ada salahnya jika Anda memfoto copi beberapa kali dokumen-dokumen penting seperti paspor (terutama pada bagian depan tempat foto dan data Anda dicetak dan juga halaman visa negara tujuan), tiket, kartu kredit/kartu ATM, mencatat nomor seri travelers cheques dan nomor polis  asuransi beserta nomor telepon daruratnya sebelum memulai perjalanan. Simpanlah copy  dokumen tersebut secara terpisah, satu set di tempat yang mudah Anda jangkau apabila sewaktu-waktu diperlukan, dan satu set lagi tinggalkan di rumah pada orang yang bisa Anda percaya dan bisa dihubungi sewaktu-waktu bila dibutuhkan, di mana apabila dokumen asli atau copy yang Anda bawa hilang, maka Anda masih memiliki satu copy dokumen lagi untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

Bisa juga Anda memindai dokumen-dokumen tersebut dan menyimpannya pada inbox e-mail Anda sehingga apabila dibutuhkan Anda bisa memperoleh semua copy dokumen tersebut dengan membuka e-mail Anda.

 

3. Pakaian. Siapkan satu set pakaian mulai dari kaos kaki, celana panjang, pakaian dalam, kemeja lengan panjang (untuk udara yang agak dingin) dan T-Shirt.

 

4. Barang keperluan pribadi. Jika memerlukan, siapkan lensa kontak berikut cairan tetes mata dan cairan perendamnya, atau kacamata. Siapkan pula sisir, kacamata hitam, sikat gigi dan pasta gigi, pembalut wanita, pisau cukur. Jika Anda berencana menginap di hostel, sabun mandi, shampoo (sebaiknya dalam kemasan kecil atau sachet) dan handuk perlu juga Anda bawa.

 

5. Buku petunjuk perjalanan. Karena Anda tidak bergabung dalam paket tur, maka buku petunjuk perjalanan adalah sesuatu yang mutlak dibawa. Namun apabila Anda merasa buku tersebut terlalu berat untuk dibawa, copy-lah pada bagian yang Anda perlukan dan tinggalkan yang asli di rumah. Atau jika perjalanan Anda hanya memakan waktu beberapa hari saja, carilah informasi tentang tempat tujuan Anda di internet, kemudian cetaklah di atas kertas. Yang terpenting adalah, informasi yang Anda dapatkan baik dari buku petunjuk perjalanan maupun dari internet haruslah informasi yang paling  terkini alias up-to-date, terutama mengenai harga dan alamat serta telepon tempat penginapan, harga makanan dan juga biaya transportasi.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: