Posted by: eureka | February 11, 2008

Brunei Darussalam

Dahulu kala disebut “Poli” atau “Puni”oleh sejarah Cina pada abad ke 6. Sejak abad ke 5 Brunei telah masuk Islam. Kerajaan Brunei pertama kali berdiri melalui Borneo, sebelah selatan Philipine dan bagian dari Indonesia. Kesultanan di sini adalah salah satu yang terbesar di dunia dimana mengikuti garis keturunan sultan yaitu Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzadin Waddaulah yang merupakan Sultan serta Yang Dipertuan di Brunei. Beliau naik tahta pada bulan Oktober tahun 1967 saat berumur 21 tahun . Penduduk Brunei sangat menikmati gaya hidup standart dunia yang tinggi. Hasil gas alam dan minyak bumi adalah penghasilan terbesar, selain itu pemberian dana untuk industri baru termasuk kerjasama dalam bidang ekonomi.

 

IKLIM

 

Beriklim Tropik dan mempunyai 2 musim yaitu musim panas dan hujan.

 

PASSPORT & VISA

 

Untuk negara Malaysia, Singapura, dan Inggris tidak diperlukan visa untuk kunjungan maksimal 30 hari. Sedangkan untuk Indonesia, Phillipine, Thailand, Belgia, Jepang, Canada, Jerman, Perancis, Korea Selatan, Luxemburg, Swiss, Selandia Baru, Norwegia, Belanda, Malddives tidak diperlukan visa untuk kunjungan maksimal 14 hari. Khusus untuk warga negara Amerika diberikan kebebasan tinggal maksimal 90 hari tanpa visa.Sedangkan untuk negara lainnya diperlukan visa kunjungan yang bisa didapat dari kedutaan Brunei Darussalam.

 

MATA UANG

 

Mata uang resmi yaitu Dollar Brunei

 

BAHASA

 

Bahasa resmi yaitu Bahasa Malay dan bisa juga menggunakan Bahasa Inggris.

 

BEA & CUKAI

 

Sesuai dengan No 9 , Bagian B dari Imigrasi tahun 1973, penumpang yang telah berumur 17 tahun diperbolehkan membawa barang barang sebagai berikut :

Rokok atau Tembakau 200 batang atau 250 gr

Parfum 60 ml

Sedangkan untuk minuman keras , khusus bagi yang Non Muslim dan telah berumur 17 tahun diperbolehkan membawa anggur atau minuman alkohol lainnya tidak lebih dari 2 botol, dan 12 kaleng bir setiap orang yang mana harus diberithukan terlebih dahulu saat kedatangan .

 

 


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: