Posted by: eureka | May 10, 2004

Inggris Kembali Keluarkan Travel Warning ke Filipina

Jakarta – Pemerintah Inggris memperbarui peringatan kunjungan (travel warning) ke Filipina. Ini dikarenakan adanya ketegangan politik terkait pemilihan umum Filipina yang dimulai hari Senin ini.

 

Warga Inggris secara khusus diimbau untuk sangat berhati-hati di semua tempat publik dan saat bepergian di wilayah Filipina. Warga Inggris juga diingatkan untuk tidak melakukan perjalanan ke pulau Mindanao, provinsi-provinsi Basilan, Tawi-Tawi dan Sulu.

 

“Kekerasan terkait pemilu telah mengakibatkan lebih dari 80 kematian selama menjelang pemilihan 10 Mei. Ketegangan politik seputar pemilu tampaknya akan terus berlangsung hingga periode pengitungan suara, yang bisa sampai sebulan.”

 

Demikian statemen Kantor Persemakmuran dan Luar Negeri Inggris atau Foreign and Commonwealth Office (FCO), seperti dilansir media Filipina, Inquirer News Service, Senin (10/5/2004).

 

FCO mengingatkan bahwa otoritas Filipina telah disiagakan penuh guna menghadapi kemungkinan terjadinya kerusuhan politik dan insiden keamanan. Juga diingatkan adanya ancaman umum terorisme dan penculikan di seluruh Filipina.

 

“Ancaman terhadap kepentingan Barat terus berlangsung dan ada bahaya terkena dampak serangan teroris yang ditargetkan ke pihak lain,” demikian FCO.

 

Sekitar 230 ribu tentara dan polisi hari ini dikerahkan untuk mengamankan pemilu Filipina. Bulan lalu, kepolisian menyatakan telah menghancurkan satu sel teror, dan menggagalkan serangan bom terencana di ibukota Manila. Bahkan Presiden Gloria Macapagal Arroyo telah mempersingkat jadwal kampanyenya pekan lalu, dengan alasan adanya kemungkinan plot pembunuhan dirinya.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: