Posted by: eureka | April 8, 2008

Kuil atau “Wat” Terpenting di Thailand

Kuil atau “Wat” terpenting di Thailand dan menyimpan relik Sang Buddha adalah:

 

1. Wat Phra Kaeo (Emerald Buddha)

 

 Disebut juga Wat Phra Si Rattana Satsadaram, dan merupakan tempat bersemayam Phra Phutthamahamani Rattana Patimakan atau Emerald Buddha, salah satu patung Buddha paling dihormati di Thailand. Setiap pergantian musim, patung ini diganti bajunya oleh Raja Thailand sendiri.

 

Lokasinya di dalam kompleks Grand Palace. Di dalam bangunan utamanya terdapat kisah-kisah Sang Buddha. Area kuil ini sangat luas dan memiliki banyak bangunan yang mirip dengan model arsitektur Angkor Wat, lukisan kisah Ramayana (versi Thailand), penjaga pintu raksasa, dan deretan delapan Chedi dalam delapan warna, disebut dengan Phra Atsada Mahachedi.

 

Lokasi: Terletak di Na Phra Lan Road, tepat berseberangan dari Sanam Luang.

Tel. 0 2224 3290

 

 

2. Wat Sa Ket Ratchaworamahawihan (Wat Sa Ket)

 

 Wat Sa ket, juga disebut sebagai gunung raja (Royal Mountain) terletak di area Khlong Maha Nak dan Khlong Bang Lamphu. Terdapat Chedi Golden Mount yang dibangun oleh Rama III, dan pagoda Suwan Banphat (golden mountain atau gunung mas), dengan tinggi 77 meter dan berisi peninggalan suci relik Sang Buddha. Relik ini ditemukan di kota Kapilavastu dan keasliannya telah terbukti. Relik ini merupakan milik dinasti Sakyaraj. Saat itu, Pangeran Phra-ongchao Pritsadang yang ditahbiskan di India, mengirim relik ini ke Thailand untuk baginda raja (satu-satunya raja Buddhis saat itu). Saat ini, Golden Mount atau Wat Sa Ket sangat populer dan merupakan simbol Bangkok yang terkenal.

 

Lokasi: Wat Saket terletak di Chakraphat Phong Road. Tel. 0 2223 4561

  

3. Wat Tramit Witthayaram Worawiham (Wat Tramit, Golden Buddha)

 

 Dahulu, Wat Tramit merupakan kuil rakyat biasa disebut dengan “Wat Sam Chin Tai”. Sampai saat direnovasi, ditemukan patung yang terbungkus semen namun tidak ada yang menganggapnya berharga. Tak disengaja, semen itu terpecah dan terkelupas, dan tampaknya patung emas di dalamnya. Diduga, patung emas ini dilapisi semen untuk menjaga agar tidak dirampok bangsa Burma saat menyerbu Sukhothai.  Dengan berat lebih dari lima ton dan tinggi tiga meter, nilainya saat ini diperkirakan mencapai US$10 juta.

 

Patung dari emas asli yang banyak dipuja ini kini ditaruh di bagian utama kuil, dan dinamakan “Phra Sukhothai Trai Mit”.

 

Lokasi: Charoen Krung Road di dekat Stasiun Kereta Api Hua Lamphang. Tel. 0 2222 9015

  

4. Wat Chetiyaphum (di propinsi Khon Kaen)

 

Kuil ini sangat sakral bagi penduduk Khon Kaen karena terdapat relik sang Buddha. Dahulu, saat seorang Arhad bersama 8 bhikku membawa abu Sang Buddha menuju Phrathat Phanom, mereka melihat keajaiban. Saat melewati pohon asam tua yang sudah mati, ternyata pohon itu hidup kembali, menghasilkan dahan, bunga dan daun yang segar. Maka mereka membangun sebuah pagoda di tempat itu, lalu menaruh abu Buddha, beserta patung, perhiasan dan benda-benda berharga Buddha ke dalam pagoda, dan disebut Phrathat Kham Kaen. Setiap bulan purnama di bulan keenam (hari Visakha Puja), umat Buddha merayakannya di pagoda ini, disebut dengan Phrathat Kham Kaen Festival.

 

Lokasi: Wat Chetiyaphum berada di distrik Nam Phang. Dari propinsi Khon Kaen ke pagoda Kham Kaen, ambil Highway 209 (Khon Kaen – Kalasin). Sekitar 12 km dari kota Khon Kaen. Setelah melewati Sungai Nam Phong, belok kanan dan lanjutkan sekitar 14 km.

Tel. 0 4343 6088

  

5. Wat Phrathat Doi Suthep Ratchaworawihan (propinsi Chiang Mai)

 

 Kuil ini merupakan salah satu tempat terpenting di Chiang Mai, sebagai tempat pagoda yang terkenal dengan nama Phrathat Doi Suthep. Pagoda emas di puncak gunung adalah tempat relik Sang Buddha.

 

Untuk mencapainya, Anda bisa naik tangga Naga sebanyak 300 anak tangga, atau dengan kereta gantung (cable car). Bagi yang tak punya mobil, bisa naik minibus yang berangkat dari Huai Kaeo Road di muka Chiang Mai University (pk. 5.00 – 17.00).

 

Lokasi: Ambil Highway No. 1004 sejauh 15 km. Di sepanjang jalan Anda bisa melihat pemandangan kota Chiang Mai yang cantik. Tel. 0 5329 5002

  

6. Wat Phrathat Doi Tung (propinsi Chiang Rai)

 

Merupakan pagoda pertama di jaman Kerajaan Lanna Thai. Dibangun di tahun 911 oleh Raja Uchutarat untuk menyimpan tulang leher kiri Sang Buddha yang dibawa dari India. Inilah saat pertama kali Buddhisme Theravada Sri Langka berakar di Lanna Thai.

 

Kuil ini menjadi tempat penting bukan hanya bagi penduduk Thailand namun juga bagi kota-kota di negeri tetangga seperti Keng Tung Myanmar, Luang Prabang dan Vientiane Laos, yang datang untuk merayakan festival setiap tahun.

 

Lokasi: Dari Chiang Rai, ambil Highway No. 110, belok kiri ke Highway No. 1149, lalu lurus sampai sekitar 16 km. Tel. 0 5376 7061

  

7. Wat Phra Pathom Chedi Ratchaworawihan (propinsi Nakhon Pathom)

 

Kuil ini memiliki Chedi terbesar di Thailand, yang menutupi chedi pertama yang dibangun di abad 4 SM. Bentuknya yang kubah terbalik mirip dengan Great Stupa Sanchi di India yang dibangun pada masa Raja Ashoka yang Agung.

 

Di dalam chedi ini disimpan relik Sang Buddha.

 

Lokasi: dari Bangkok, berjalanlah di Phetchakasem Road (Highway no. 4). Setelah mencapai tanda kilometer ke 53, beloklah ke Thesa Road dan lanjutkan sekitar 3 km. Tel. 03424 2143

  

8. Wat Tham Mongkhon

  

Wat Tham Mongkhon memiliki koleksi benda-benda Buddhis terbaik dunia. Pertama adalah Phra Wiriya Mongkhon Mahachedi yang merupakan Chedi tertinggi di Bangkok, dan merupakan tempat dari rambut, tulang dada dan relik Sang Buddha yang dibawa dari Gotama, kota Chittagong di Bangladesh di tahun 1974.

 

Selain itu, juga terdapat patung Buddha yang diukir dari satu batu jade (giok) utuh yang diambil dari tambang emas di puncak Kings Mountain, Kanada. Kuil ini juga memiliki patung Dewi Kuan Yin (Dewi Welas Asih) dari jade terbesar terbesar di dunia. Dewi Kuan Yin adalah dewi yang selalu menginspirasi manusia untuk saling mengasihi. Juga tersedia sebuah tempat retret (Chi Phram Retreat) bagi wanita untuk berkonsentrasi dalam doa spiritual dan membersihkan pikiran.

 

Lokasi: Sangat mudah karena berada di Sukhumvit Road, Soi 11, Bang Chak, distrik Phra Khanong, Bangkok. Tel. 0 2311 1387

  

 Tempat menarik lain:

 

 1. Museum of Buddhist Art

 

Koleksi patung Buddha yang sangat banyak, dalam 11 ruang kronologis perkembangan patung Buddha sepanjang sejarah. Di bagian luar mengarah ke Kuan Yin Museum, bagi Boddhisattava Kuan Yin dan dewa-dewi China lainnya. Dilarang foto.

Buka Sen-Sab 10.00 – 17.00

Tel: 0-2321-0048-50, 0-2322-2431-4.

 

Anda harus rombongan minimal 3 orang, dan beritahu minimal satu hari sebelumnya.

Cara ke sana: Soi 40 Pattanakarn Rd., Suan Luang. Gedung putih di sebelah kiri, di tengah-tengah jalan.

  

2. Wat Pho

 

 Wat tertua dan terbesar di Bangkok, berasal dari abad ke 16. Patung Buddha tidur raksasa sepanjang 45 meter ini sangat mempesona, menggambarkan Sang Buddha memasuki Nirwana dan ukiran dari kulit kerang mutiara di kaki patung menunjukkan 108 lambang suci sang Buddha.

 

Lokasi: Chetuphon/Thaiwong Road, dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Grand Palace.

Tel. 02-226-0369

Web: http://www.watpho.com

Jam buka: 8 pagi – 12.00.

Tiket masuk Baht 20

  

3. Wat Arun (Temple of Dawn)

 

 Dahulu merupakan tempat Emerald Buddha sebelum dipindah ke Wat Phra Kaeo. Kuil ini terbuat dari porselin berwarna-warni dari China.

Paling indah dikunjungi saat senja, saat sang surya membentuk latar belakang yang mempesona.

 

Lokasi: 34 Arun Amarin Rd. bagian barat Chao Phraya River.

Tel. 02 4655640

Web: http://www.watarun.org

Jam buka: 08.00 – 17.00

  

4. Wat Suthat dan Ayunan Raksasa (Giant Swing)

 

 Dikelilingi toko-toko Buddhis yang terbanyak di Bangkok, Wat Suthat merupakan salah satu pusat penting agama Buddhis di Kerajaan ini, memiliki beberapa contoh ukiran perunggu yang sangat istimewa, campuran seni mural Thailand dan China, dan patung dari masa Sukhothai di abad ke 14.

 

Ayunan Raksasa ini merupakan lokasi perayaan panen, tempat para pemberani yang berlomba merebut kantung berisi koin emas dengan giginya. Karena terlalu berbahaya, acara ini dihentikan sejak tahun 1930.

 

Lokasi: Bamrung Muang Rd. Phra Nakhorn.

Tel. 02-222-9632

  

5. Wat Benchama Bophit (Kuil Marmer)

 

 Salah satu kuil terbaru (akhir abad 19), dengan desain yang relatif modern dibanding kuil lainnya. Terbuat dari marmer putih yang megah.

 

Lokasi: 69 Rama V Rd. Chitralada, Distrik Dusit.

Tel. 02-628-7947

  

6. Wat Ratchanatda

 

 Dikenal sebagai pusat amulet (jimat) di Bangkok. Koleksi amulet adalah hobi yang populer di Thailand, dan beberapa patung miniatur ini dipercaya memiliki kekuatan spiritual yang melindungi dan memberi keberuntungan bagi penggunanya.

 

Lokasi: Mahachai Rd. Phra Nakhorn

Tel. 02-224-8807

  

7. Wat Mahathat

 

Berlokasi di Na Phrathat Road dekat Thammasat University. Tersedia kelas meditasi dalam bahasa Inggris.

 

Buka jam 9 – 17

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: